Delphi Code (Simple Chatt – Client)

1 05 2009

Simple Chatt adalah program sederhana chatting peer-to-peer pada jaringan lokal. Berikut adalah Source Code dan Screen Shoot programnya.

unit Unit1;

interface

uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, ScktComp, StdCtrls;

type
TForm1 = class(TForm)
Memo1: TMemo;
Edit1: TEdit;
Button1: TButton;
Label1: TLabel;
Memo2: TMemo;
Button2: TButton;
Button3: TButton;
Button4: TButton;
ClientSocket1: TClientSocket;
procedure Button4Click(Sender: TObject);
procedure ClientSocket1Read(Sender: TObject; Socket: TCustomWinSocket);
procedure ClientSocket1Connect(Sender: TObject;
Socket: TCustomWinSocket);
procedure Button3Click(Sender: TObject);
procedure Button1Click(Sender: TObject);
procedure Button2Click(Sender: TObject);
procedure FormCreate(Sender: TObject);
procedure ClientSocket1Error(Sender: TObject; Socket: TCustomWinSocket;
ErrorEvent: TErrorEvent; var ErrorCode: Integer);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;

var
Form1: TForm1;

implementation

{$R *.dfm}

procedure TForm1.Button4Click(Sender: TObject);
begin
application.Terminate;
end;

procedure TForm1.ClientSocket1Read(Sender: TObject;
Socket: TCustomWinSocket);
begin
memo1.Lines.Add(socket.ReceiveText);
end;

procedure TForm1.ClientSocket1Connect(Sender: TObject;
Socket: TCustomWinSocket);
begin
memo1.Lines.Add('connected to: '+socket.RemoteHost);
end;

procedure TForm1.Button3Click(Sender: TObject);
begin
memo1.Clear;
clientsocket1.Active:=false;
memo1.Lines.Add('Koneksi terputus');
end;

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
memo1.Clear;
clientsocket1.Host:=edit1.Text;
clientsocket1.Active:=true;
end;

procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
if (clientsocket1.Socket.Connected) then
clientsocket1.Socket.SendText(memo2.text);
memo1.Lines.Add(memo2.text);
memo2.Clear;
end;

procedure TForm1.FormCreate(Sender: TObject);
begin
memo2.Clear;
memo1.Clear;
end;

procedure TForm1.ClientSocket1Error(Sender: TObject;
Socket: TCustomWinSocket; ErrorEvent: TErrorEvent;
var ErrorCode: Integer);
begin
showmessage('Cek alamat ip server');
end;

end.

ScreenShoot :


Actions

Information

11 responses

11 03 2010
hajar_ibn

nice…
saya nubie…
pengen nyoba tapi ni gambaran hasil akhirnya kayak apa ya???
Maklum nubie..
bingung dengan fungsi dari Tbutton yang sebegitu buanyak dan TMemo ada dua trus juga TEditnya…..4@%@%@$@%$

tolong dong jelasinnn///????. he he h

11 03 2010
heru widakdo

oke, sudah saya upload screenshoot aplikasinya………..

12 03 2010
hajar_ibn

Thanks screenshootnya…
btw saya kok gagal terus ya…
Aplikasi jalan, tapi pas dimasukin no ip—->’cek alamat ip server’ padahal no dah bener.
ini saya coba pake 2 pc yg dihubungkan melalui swich.
Dimasing2 PC saya jalankan chatnya…

ataukah ini hanya untuk client saja??
jelasin dong boss
si Nubie semakin penasaran… Thanks B4.

12 03 2010
hajar_ibn

Maaf pak yang ini terlewatkan belum dibaca = https://localhost80.wordpress.com/2009/05/02/delphi-code-simple-chatt-server/

tapi sekarang dah saya buat
applikasi jalan
tapi tidak bisa terkoneksi—–>cek alamat ip server

ajarin ya pak… trims

12 03 2010
heru widakdo

untuk memulainya atau menjalankanya, klik button / tombol listen pada aplikasi servernya,
setelah itu baru klik button / tombol connect pada aplikasi clientnya…..

12 03 2010
heru widakdo

@mas hajar_ibn : saya memiliki contoh source kedua aplikasi (server dan client) menggunakan delphi 6, silahkan anda download di sini = http://www.4shared.com/file/239588687/163d5b22/Peer2peer_chatt.html

15 03 2010
hajar_ibn

makasih pak… dah saya coba n brhasil… kemaren saya keliru di bagian port numbernya…. besok2 saya mo nyoba gabungin client & servernya jadi satu aplikasi…
Trus kalo misalnya mo nambahin pic/avatar pake component apa ya pak???

15 03 2010
heru widakdo

ok, sama2 bro…..emang pic / avatar nya di fungsikan bagaimana bos? kalo cuma untuk tampilan aja bisa pakai component Timage.

Thanks 4 comment

12 11 2012
Pri Yan To

Kalau multichat, gimana caranya supaya client bisa melihat client-client lain yg sedang online Mas?

24 12 2012
farid

minta link downloadnya donk

18 01 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: