Pembuatan Aplikasi Text to Speech (Text ke Suara) dengan Delphi

24 06 2009

Text to Speech adalah aplikasi yang mengkonversi tulisan text ke suara.

Beberapa file dan atau link pendukung, sebagai bahan referensi :

Karakteristik Sinyal Ucapan.pdf

Konversi Text ke Ucapan.pdf

Kalo ingin Download Demo Program ini dengan bahasa pemrograman delphi,

silahkan download disini

Berikut Source Code Lengkapnya :

unit Unit1;

interface

uses
  Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
  Dialogs, StdCtrls, ComObj, Buttons;

type
  TForm1 = class(TForm)
    welcome: TMemo;
    BitBtn1: TBitBtn;
    BitBtn2: TBitBtn;
    BitBtn3: TBitBtn;
    Button1: TButton;
    procedure Button3Click(Sender: TObject);
    procedure Button1Click(Sender: TObject);
    procedure Button2Click(Sender: TObject);
    procedure BitBtn1Click(Sender: TObject);
    procedure BitBtn3Click(Sender: TObject);
    procedure BitBtn2Click(Sender: TObject);
    procedure FormShow(Sender: TObject);
  private
    { Private declarations }
  public
    procedure ngomong(teks:string);
  end;

var
  Form1: TForm1;
  stop:boolean;

implementation

{$R *.dfm}

procedure TForm1.ngomong(teks:string);

const
  SVSFDefault = $00000000;
  SVSFlagsAsync = $00000001;

var
  oVoice: OLEVariant;

begin
  oVoice := CreateOLEObject('SAPI.SpVoice');
  oVoice.Speak(Teks , SVSFlagsAsync);
     repeat
     application.ProcessMessages;
     until stop=true;
end;

procedure TForm1.Button3Click(Sender: TObject);
begin
  close;
end;

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
 welcome.Clear;
end;

procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
   stop:=true;
   welcome.Clear;
end;

procedure TForm1.BitBtn1Click(Sender: TObject);
begin
  stop:=true;
  close;
end;

procedure TForm1.BitBtn3Click(Sender: TObject);
begin
  stop:=true;
  welcome.Clear;
end;

procedure TForm1.BitBtn2Click(Sender: TObject);
begin
  ngomong(welcome.text);
end;

procedure TForm1.FormShow(Sender: TObject);
begin
 welcome.clear;
end;

end.


Actions

Information

22 responses

27 01 2011
Deniel

Gan, kalo mau bikin yg kebalikannya speech to text gimana ya gan?

29 01 2011
heru widakdo

ane blm pnh nyoba yg itu gan…
cb search di mbah google aja gan….

16 06 2011
dodiesatriani

Iya Gan, Ane juga mau yang dari voice ke text.
Rencana mau buat skripsi…bisa minta referensinya?

6 12 2011
heru widakdo

Agak rumit gan, ane sndiri juga blm tau. Silahkan tanya ama mbah google.😀

6 12 2011
Rengga AuLia Rustam

gan, contoh applksi yang udah adanya mana gan???

6 12 2011
heru widakdo

Tuh udah ada linknya gan, silahkan meluncur ke tkp.

http://www.4shared.com/file/66617324/b5b6541e/speech.html

13 02 2012
adicen4

Gan, bahan pdfnya bs diupload lg? udh mati linknya

Tlung ya gan, tq.

Nice post🙂

14 02 2012
heru widakdo

silahkan donlot disini gan

http://indotts.melsa.net.id/knowledge.html

13 02 2012
adicen4

Ane tunggu ya😀

10 03 2012
Dikdik

Gan coding untuk convert ke file audio (wave,mp3 dll) gimana?
Ane lagi butuh sekali gan, minta codenya (Delphi) ya😀

kesini ya gan!
falcon_komputer@yahoo.com

Terima Kasih!

10 03 2012
heru widakdo

cari di google aja gan, maaf blm sempat krn tdk ada wktu untuk bikin aplikasinya.

thx

11 03 2012
Dikdik MW

ane udah cari di google, tapi gada tutorialnya di Delphi.
ane mohon bantuannya gan, kalau perlu ane berani bayar untuk 1 coding itu saja (convert Text to Wav,mp3) di Delphi.

Ane tunggu infonya ya gan –> falcon_komputer@yahoo.com. Terima kasih banyak sebelumnya!

11 03 2012
heru widakdo

banyak gan, ini salah satu contohnya :

http://blog.hacker.dk/2008/07/text-to-speech-command-line-save-to-wav-whats-missing-in-textaloud/?reffed=1

bisa di coba gan, ane blm coba soalnya……

5 09 2012
ocha

gan, bisa kirim contoh aplikasi programnya ke ochis91@gmail.com..
makasih

5 09 2012
heru widakdo

@ocha = di artikel tersebut sudah saya sediakan link untuk mendownload source code nya…. Terima Kasih

30 10 2012
melina

gan boleh minta contact ga buat tanya2.. klo bisa di melina_jo@yahoo.com ya.. makasih gan..

30 10 2012
heru widakdo

Thanks 4 comment, email sudah saya reply.

29 11 2013
dhasty

Gan Link nya Koid gan. tolong di perbarui dunk gan, atau email ke dhastyuyeah@gmail.com. thx gan

15 03 2014
cc

gan bsa minta contact emailnya, ane mau nanya2 nih, kalo bisa email di dora.ndith@gmail.com ya gan.. makasi.

2 05 2014
Pengertian Jquery

Admiring the time and effort you put into your website and
in depth information you provide. It’s awesome to come across a
blog every once in a while that isn’t the same
unwanted rehashed information. Fantastic read! I’ve
bookmarked your site and I’m adding your RSS feeds to my
Google account.

2 05 2014
Pengertian Jquery

Thanks in support of sharing such a pleasant
opinion, post is nice, thats why i have read it entirely

22 09 2014
Dorayakibo

gan mw nanya, ini pake metode apa ya?
makasi gan😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: