Bilingual Website (PHP & MySQL)

13 11 2011

Pernahkah teman-teman memanfaatkan fasilitas / tools google translate ? Pasti rata-rata menjawab “Pernah”. Tetapi yang saya maksud disini adalah tools google yang berfungsi untuk menterjemahkan halaman web yang banyak kita temui pada website atau blog pada umumnya, yang menyediakan banyak pilihan bahasa (Multi Language) pada website tersebut. Umumnya berupa widget yang disediakan oleh mbah google untuk selanjutnya dipasang pada halaman webiste atau blog kita (lihat gambar 1). Nah, udah tau kan sekarang ? trus apa hubungannya sama judul artikel diatas ? kan judulnya cuma bilingual alias 2 bahasa, kalau pakai widget google translate kan bisa bermacam-macam bahasa. Kalau sudah begitu ya kembali ke kebutuhan saja, tergantung keinginan si pemilik web tersebut. Tetapi terkadang dengan pemanfaatan widget multi bahasa tersebut memiliki kekurangan, salah satunya adalah beberapa hasil translation yang kurang sesuai sehingga informasi yang akan ditampilkan menjadi kurang relevan. Pada web-web papan atas yang dibangun secara profesional, ternyata jarang kita temui widget multi bahasa tersebut. Mereka lebih cenderung menggunakan translation atau terjemahan yang berasal dari basis data (database) mereka sendiri.

Gambar 1. Widget Google Translate

Diartikel edisi ini saya hanya ingin sekedar share tentang pembuatan website dwi bahasa tersebut. Sebenarnya tidak harus dwi bahasa sih, cm sebagai contoh aja biar ga banyak-banyak bikinnya. Mau pake multi bahasa juga gpp, sama aja prosesnya. Tetapi disini saya memberi contoh yang sangat sederhana sekali lho, mungkin kalau kita terapkan pada website yang komplek tentu kurang effisien. Yaaaah, namanya mencoba kan ga ada salahnya daripada tidak sama sekali.

Ok, kita mulai saja daripada banyak bicara kayak koruptor….hehehe..

Biar beda ama bahasa-bahasa yang tersedia di widget nya si-mbah google, kali ini kita akan membuat sebuah halaman website sederhana dimana terdapat 2 pilihan bahasa yang tersedia, yaitu : Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa. Demonya bisa kawan lihat pada tautan berikut :

DEMO : http://indo-demo.comuf.com/dwi-bahasa/

Source Code :

<?php
  session_register('bahasa');
  include "koneksi.php";  

  if($_GET['lang'])
  {
    $_SESSION['bahasa']=$_GET['lang'];
    header('location:index.php');
  }
  else
  {
     if(!$_SESSION['bahasa'])
     {
     $_SESSION['bahasa']='indonesia';
     header('location:index.php');
     }
   }

include "".$_SESSION['bahasa'].".php";
?>

Source code diatas merupakan bagian inti yang berfungsi untuk SWITCHING.  Hah?? istilah apa lagi tuh ??? itu istilah saya sendiri alias ngawur.com. hahahaha…. Tetapi pada intinya code diatas berfungsi untuk proses peralihan dari bahasa satu ke bahasa lainnya dengan memanfaatkan session.

Ok, dech ga perlu panjang lebar langsung aja download Full Source Code nya Di SINI

Soalnya kalo Sorce nya di tulis semua disini jadi panjang dehhh artikel nya….hahahaha

-Selesai-

Refferensi :

  • Google

Actions

Information

3 responses

13 11 2011
Albet Sagan

SIP…………… kang……… ^_^

13 11 2011
heru widakdo

Ok gan, Thanks comment nya…..

28 05 2012
Hafid Cyber

wah kebetulan saya lagi mencari sistem update bahasa kebetulan saya nyasar ke web ini, saya rasa nak artikel mu bagus juga, saya nak ijin baca ya.
Semoga ilmu anda nak bertambah banyak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: