Backup Large Size Database (MySQL)

5 10 2012

Dear all,

Pada kesempatan ini saya ingin menulis tulisan sederhana setelah hampir 1 tahun vakum menulis di blog kesayangan saya ini, hehehe🙂. Tulisan kali ini bermaksud sebagai sebuah catatan untuk saya pribadi, karena saya seringkali lupa, juga keuntungan lain catatan ini dapat di-share untuk kawan-kawan khususnya bagi pemula (newbie) yang sedang mempelajari tentang ilmu programming. Oke, tidak perlu panjang lebar kalimat pembukanya, karena saya tidak pandai berbasa-basi, hehehe…

Dulu, sewaktu saya masih mempelajari database MySQL, saya direkomendasikan oleh seorang kawan untuk mempelajari phpmyadmin. PhpMyAdmin adalah sebuah perangkat lunak berbasis website yang berfungsi untuk mengelola database. Oiya, sebagai keterangan, database yang kita bahas dalam tulisan ini adalah database MySQL, mengingat jenis database begitu beraneka ragam diluar sana. Lanjut, karena masih dalam tahap belajar dan juga beberapa kali mengerjakan project yang tidak begitu besar dan complek, maka tidak ada masalah yang berarti dalam hal pengelolaan database tersebut, khususnya dalam export dan import database MySQL tersebut.

Namun, apabila kita memiliki sebuah basis data atau database yang complek, yang terdiri dari banyak table dan atau data sangat tidak mungkin dilakukan proses export atau import database tersebut pada user interface phpmyadmin. Kalau pun kita paksakan akan terjadi corupt, atau missing data. Lalu solusi nya bagaimana donk ?? Nah, itulah yang menjadi latar belakang ditulisnya tulisan sederhana ini. Ok, let’s Start :

Backup database berukuran besar ini dapat dilakukan pada terminal linux, sebagai studi kasus saya menggunakan linux ubuntu. Langkah awal yang perlu anda persiapkan adalah kemauan belajar, camilan & kopi (optional, hehee). Sebagai asumsi, laptop atau komputer anda telah terinstal OS Linux, dan MySQL database. Selanjutnya buka console atau terminal, kemudian ketikkan beberapa bait code berikut :

$ mysqldump -h (host) -u (username) -p(password) (databasename) > (filename).sql;

Contoh :

$ mysqldump -h (locahost) -u (root) -p(password_mysql) (database_name) > (filename).sql;

Cukup mudah bukan ??

Demikian tulisan sederhana ini, semoga bermanfaat bagi kita semua yang ingin mempelajari ilmu programming. Sesuai motto dari blog ini “Sharing a Knowledge” tulisan ini di-share hanya untuk berbagi semata, demi perkembangan ilmu pengetahuan. Akhir kata saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan semua yang telah memberikan ilmu, juga masukan, saran, dan kritik yang telah diberikan kepada penulis. Seperti halnya pepatah mengatakan “Tak ada gading yang tak retak” tulisan ini sangatlah jauh dari kata sempurna, karena penulis hanya ingin belajar dengan berbagi kepada sesama. Semoga bermanfaat…Amien.

Best Regards,


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: